Site Map

03/01/12

Pulau-pulau terluar di Indonesia Keren abizzz...

Meskipun terpencil dan jauh dari ibu kota Jakarta, pulau-pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Ni dia gan pulaunya... chekedot wae lah ya...

1. Pulau Alor
  
Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.


2. Pulau Barung




 Nusa Barung (atau Barong) adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pulau ini adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Barung ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Jember, sebelah selatan dari provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nusa Barung merupakan sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah serta mempunyai jenis flora antara lain Calophyllum inophyllum, Sonneratia alba, Sterculia foetida, Terminalia catappa, Avicennia spp., Barringtonia spp., Alstonia spanthulatus, Alang-alang - Cylindrica imperata, Dillenia sp., Ficus amplas, Lumnitzera spp., Pleiornium sp., Rhizophora spp., Supatorium sp., Tamarindus sp., Vatica walichii, Vitex pubescens, Xylocarpus spp. dan Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal. 


3. Pulau Batek




Pulau Batek (Fatu Sinai) adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sawu dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Batek ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari kota Kupang dengan koordinat 9° 15′ 30″ LS, 123° 59′ 30″ BT.

4. Pulau Berhala


  Pulau Berhala adalah sebuah pulau di riau, Indonesia. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia di Selat Malaka, sekitar 48 mil dari Pelabuhan Belawan. Dari segi administratif, pulau ini adalah bagian dari Kecamatan Tanjungberingin, Kabupaten Serdang Bedagai. Luasnya adalah 2,5 km². Berhala memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih. Pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur.

Pulau Berhala cukup unik di lihat dari namanya saja uda memberi kesan tersendiri. Luas pulau berkisar 2,5 Hektar. Kondisi pulau sangat alami dan belum memiliki penduduk. Saat ini pulau di jaga oleh Tentara Nasional Indonesia Angakatan Laut

Disebut pulau berhala krena dulunya memang di berhalakan hingga saat ini..disarankan bagi yang ingin mengunjungi pulau berhala jangan memiliki pikiran NEGATIF serta berbuat atau berucap yang tidak sopan maupun sembarangan merusak alam.


5. Pulau Dolangan



Pulau Dolangan adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia dan Filipina. Pulau Dolangan ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Toli-Toli, provinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Toli-Toli dengan koordinat 1° 22′40″ LU, 120° 53′4″ BT. 

6. Pulau Kisar



Pulau Kisar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Kisar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Timor dengan koordinat 8° 6′ 10″ LS, 127° 8′ 36″ BT.

Pulau Kisar telah memiliki lapangan terbang dan landasan pacu yang bernama Lapter Wonreli yang rencananya akan diperpanjang dari 800 meter menjadi 1300 meter untuk mendukung program Sail Banda untuk sementara lapangan terbang ini hanya bisa digunakan oleh pesawat kecil jenis Cassa 212 dengan kapasitas maksimal 18 orang, rencananya lapangan terbang akan diperpanjang agar bisa di gunakan oleh pesawat Wings jenis ATR 82 dengan kapasitas 40 tempat duduk.


7. Pulau Liran



Pulau Liran adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Liran ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah utara dari Timor Leste dengan koordinat 8° 3′ 50″ LS, 125° 44′ 0″ BT. 

8. Pulau Makalehi


 Pulau Makalehi adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Makalehi ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini berada di sebelah barat daya dari Pulau Sangihe dengan koordinat 2°44′15″LU,125°9′28″BT 

0 komentar:

Posting Komentar