Site Map

03/01/12

Manfaat Tomat (Sehat & Bugar Bersama Tomat ) dan Jenis-jenis Tomat

Tomat, adalah tanaman yang paling mudah dijumpai. Warnanya yang cerah sungguh menarik. Selain kaya vitamin C dan A, tomat konon dapat mengobati bermacam penyakit.
Kalau dirunut sejarahnya, tomat atau Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dinamakan ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.
Tomat juga banyak digunakan untuk masakan, seperti sup, jus, pasta, dllnya. Rasanya yang sedikit asam bahkan membuat selera makan meningkat. Lebih jauh menurut penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834, menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.




Baik wanita maupun pria akan lebih pede mengenakan baju wanita atau pria ketika muka terbebas dari jerawat. Salah satu bahan alami yang bisa membantu memperlembut kulit muka dan menyembuhkan jerawat , pori besar dan komedo adalah TOMAT.





Jenis Tomat Di dunia ini adalah

- Tomat Plum


Kulit tipis dan kandungan air yang banyak. Cocok untuk dimasak.




- Tomat Beef



Besar dan isi daging tebal. Cocok untuk salad & sandwich.




- Tomat Ceri






Kecil, manis dan banyak air. Cocok untuk salad dan makan mentah.




- Tomat Hijau



keras, asam dan kadungan air dikit. Cocok untuk hidangan asam yang segar.




- Tomat Anggur



Mungil (lebih kecil dari tomat ceri) dan bulat. Berwarna merah dan kuning. Cocok untuk salad.




- Tomat Pear (Tomat Airmata)






Bentuk tomat ceri tapi rasa seperti pear. Berwarna merah, kuning dan jingga. Cocok untuk salad.




Manfaat tomat:

Kesehatan manfaat tomat telah dikenal manusia sejak dulu. Tomat merupakan sumber yang kaya antioksidan yang telah terbukti efektif terhadap berbagai bentuk kanker. Beberapa manfaat tomat yang lainnya :
Sumber berlimpah Antioksidan: Tomat mengandung sejumlah besar lycopene, antioksidan yang sangat efektif dalam pemulungan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat ini dapat diperoleh dari bahkan panas-produk olahan tomat, termasuk kecap. Para likopen dalam tomat perkelahian melawan kanker dan telah terbukti sangat efektif dalam memerangi kanker prostat, kanker serviks, kanker lambung dan rektum serta kanker faring dan esofagus. Hal ini juga melindungi terhadap kanker payudara dan kanker mulut menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health.
Mengurangi Kolesterol dan Jantung Melindungi: Para likopen pada tomat mencegah oksidasi lipid dalam darah, sehingga efek protektif terhadap mengerahkan penyakit kardiovaskular. Konsumsi tomat yang teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Lipid ini adalah penyebab utama dalam penyakit jantung dan menyebabkan pengendapan lemak dalam pembuluh darah.
Sumber yang Kaya Vitamin dan Mineral: Satu tomat tunggal dapat menyediakan sekitar 40% dari harian vitamin C persyaratan. Vitamin C adalah antioksidan alami yang bertindak melawan penyebab kanker radikal bebas. Hal ini juga mengandung banyak vitamin A dan kalium serta besi . Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan zat besi sangat penting untuk menjaga kesehatan darah normal. Vitamin K yang penting dalam pembekuan darah dan kontrol perdarahan berlimpah dalam tomat.
Mengatasi Efek asap Rokok: Dua komponen utama dari tomat, asam coumaric dan asam klorogenat, melawan nitrosamine yang diproduksi dalam tubuh dan utama karsinogen ditemukan dalam asap rokok.
Meningkatkan Visi: Vitamin A, hadir dalam tomat bantu, membantu dalam meningkatkan visi, mencegah kebutaan malam dan degenerasi makula.
Terus Gut Sehat: Tomat menjaga sistem pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan diare baik. Hal ini juga mencegah penyakit kuning dan efektif menghilangkan racun dari tubuh.
Menurunkan Hipertensi: Menkonsumsi tomat mengurangi risiko terkena hipertensi.
Mengurangi Diabetes: Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa mengkonsumsi mengurangi stres oksidatif pada diabetes tipe 2.
Untuk Kulit Sehat: Tomat membantu dalam menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut dan kulit. Aplikasi topikal jus tomat dikenal untuk menyembuhkan sunburns parah. mengkonsumsi tomat secara rutin juga melindungi kulit terhadap UV-induced erythema. Tomat memiliki peringkat tinggi dalam persiapan anti-penuaan produk.
Mencegah Infeksi Saluran Kemih: Asupan Tomat juga mengurangi kejadian infeksi saluran kemih serta kanker kandung kemih .
Mencegah Batu empedu: Menkonsumsi tomat secara rutin juga bisa melarutkan batu empedu.






Ini adalah manfaat tomat yang didapat dengan cara dikonsumsi. Maanfaat lainya bisa didapat dengan menggunakan tomat sebagai masker. Manfaat lain berupa pengecilan pori-pori dan menghilangkan komedo. Semoga berguna

0 komentar:

Posting Komentar